Browser Yang Aman Dari Serangan Hackers

Walaupun sedikit terlambat memberikan informasi, tapi seperti kata pepatah Lebih Baik Terlambat daripada Tidak Sama Sekali (alasan ja.....)

Sederet nama browser yang paling terkenal dan paling banyak digunakan, seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, Safari, Opera, dll. diantara semua itu browser manakah yang menjadi favorite anda...? Yang pasti sebagian besar banyak yang tertarik dan ingin menggunakan browser yang cepat, aman, tampilan menarik, banyak fitur, dll.

Lalu yang manakah browser itu....?
Di antara semua browser soal performa, kecepatan, keamanan, dll. sudah menjadi standarisasi pemilik produk untuk menjadikan browser yang mereka pasarkan menjadi browser yang terbaik. Pada postingan kali ini DahaShare ingin membahas browser mana saja yang memiliki tingkat keamanan yang paling baik.

Pada tanggal 9-11 Maret 2011, Pwn2Own yg merupakan acara perkumpulan kontes para hacker mengadakan kontes hacking yang diadakan setiap tahunnya. Acara yang diselenggarakan oleh www.cansecwest.com ini bertujuan utk mengeksploitasi keamanan dari browser. Hal ini untuk memastikan tingkat keamanan browser dari serangan hacker yang sering terjadi dalam dunia internet.

Dalam kontes ini ada 4 browser yg dijajal yaitu Mozilla Firefox 3.6, Internet Explorer 8, Google Chrome 9, dan Apple Safari 5.

Dari keempat browser tersebut Internet Explorer 8 dan Apple Safari 5 berhasil dijebol pada hari pertama (9 Maret 2011). Kemudian berlanjut hari-hari berikutnya dan sampai acara selesai, diantara keempat browser tersebut browser yang masih bertahan dan gagal dijebol yaitu Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Hal ini diungkapkan oleh hacker yang mengeksploitasi browser tersebut Matt Cutts ia berkomentar lewat Twitter “Aku cinta Pwn2Own! Safari dan IE8 jebol pada hari pertama, tapi tidak dengan Chrome”, ia sampaikan kepada kepala tim spam web Google saat kontes hari pertama selesai. Sampai hari-hari berikutnya Google berharap agar terus bertahan, dan harapannya tercapai sampai kontes berakhir karena Google Chrome tidak juga berhasil ditembus. Ini merupakan keberhasilan Google mempertahankan rekor sebagai browser yang tidak mudah ditembus selama dua tahun berturut-turut di kontes yang sama. Google Chrome terbukti menjadi satu-satunya browser yang tidak bisa ditembus hacker.

Dan untuk tahun ini Firefox 3.6 pun tak kalah aman dan untuk pertama kalinya gagal dijebol dalam kontes ini. Menurut Brendan Eich, CTO Mozilla Firefox lewat Twitternya ia berkomentar “Whew, Firefox bertahan di pwn2own 2011. Ini bukan kesuksesan besar, tetapi saya tetap senang mendengarnya” Dan dia juga mengucapkan selamat kepada Google Chrome lewat twitternya juga.

Pujian yang sama juga disampaikan tim Google kepada Mozilla. “Kedua browser yang bertahan sama-sama open source, punya program penghargaan, punya tim keamanan yang melekat, lebih baik dan cepat melakukan perbaikan. Kebetulan?” tulis Chris Evans, insinyur dari tim keamanan Chrome.

Hal ini menjelaskan bahwa keamanan itu sangat penting ketika anda browsing lewat internet. Peran browser di sini selain menampilkan isi konten dari internet juga sebagai dinding utk mencegah program jahat atau serangan hacker yang ingin masuk ke komputer anda. Oleh karena itu pilihlah browser yang aman agar keamanan dan kenyamanan browsing anda tidak terganggu.

Jadi, mungkin ini bisa dijadikan sebagai salah satu yang menjadi bahan pertimbangan kita dalam memilih browser yang akan digunakan ..... ! Selanjutnya ..... terserah anda .....!

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar